belajar-efektif
belajar efektif
belajar efektif

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, kita selalu dituntut untuk bekerja secara produktif. Bekerja produktif berarti kita dituntut untuk memaksimalkan semua potensi kita sebagai karyawan untuk mengejar target dan pencapaian yang ditargetkan perusahaan.

Namun yang menjadi permasalahan, kita tidak selamanya bisa terus bekerja dengan giat setiap saat. Ada saja godaan yang membuat kita malah menyianyiakan waktu kerja kita di kantor. Tidak hanya itu, banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan padahal waktu yang ada sangat terbatas dan sedikit. Sebagian besar pekerja bahkan ada yang menyerah karena tidak kuat dituntut secara produktif. Ada juga beberapa pekerja yang menjadi malas ketika melihat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Padahal, ada satu metode yang bisa membuat kita bekerja lebih efektif & produktif. Metode tersebut dikenal dengan Eisenhower Matrix.

Apa itu Eisenhower Matrix?

Menjadi tidak produktif itu bukan hal yang diinginkan oleh siapa pun, paling tidak oleh semua orang yang bekerja. Namun seiring hari berjalan dan Anda mulai menangani permintaan mendesak, daftar tugas Anda pun semakin bertambah, sehingga Anda semakin sulit menjaga komitmen atas produktivitas tersebut. Entah itu tidak bisa menyelesaikan tenggat atau mengikuti rencana proyek jangka panjang, pemrioritasan tugas bisa menjadi pembeda antara tertinggal dan unggul dari yang lain. Di sinilah Eisenhower Matrix berperan.

Memahami Eisenhower Matrix

Eisenhower Matrix—juga dikenal sebagai Kotak Eisenhower atau Matriks Penting—adalah kerangka kerja sederhana untuk memprioritaskan tugas-tugas dan mengelola beban kerja. Matriks ini diambil namanya dari Dwight D. Eisenhower, jenderal bintang lima dan presiden Amerika Serikat yang ke-34. Eisenhower dikenal karena tingkat produktivitasnya yang luar biasa, sebegitu tingginya sehingga pendekatannya atas penetapan tujuan dan manajemen waktu telah dipelajari secara komprehensif oleh banyak orang, salah satunya adalah Steven Covey. Dalam bukunya “The 7 Habits of Highly Effective People,” Covey mengemas ulang ide-ide Eisenhower menjadi alat bantu sederhana untuk memprioritaskan tugas: Eisenhower Matrix.

Pemikiran akhir

Kotak Eisenhower dapat menjadi alat bantu yang sangat efektif untuk manajemen tugas dan waktu/ Dengan mempelajari cara memprioritaskan tugas secara efektif, Anda dapat meningkatkan efisiensi di tempat kerja, menghapus kegiatan yang membuang waktu dan menargetkan tujuan jangka panjang sistem.,

By admin

One thought on “Rahasia Bekerja Produktif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *